Most Read

peluang usaha

Rabu, 16 Mei 2012

Kotak hitam jadi petunjuk kunci penyebab jatuhnya Sukhoi



Jakarta (ANTARA News) - Pengamat penerbangan Chappy Hakim mengatakan kotak hitam (black box) pesawat Sukhoi Superjet-100 akan menjadi petunjuk kunci untuk mengetahui penyebab jatuhnya pesawat tersebut di kawasan Gunung Salak, Bogor, Jawa Barat, pada Rabu (9/5) lalu.

"Untuk mengetahui penyebab yang paling mungkin, yang paling membantu adalah black box," kata mantan Kepala Staf TNI Angkatan Udara itu pada dialog Merah Putih, siaran kerja sama LKBN ANTARA, RRI dan TVRI yang disiarkan langsung TVRI Jakarta, Rabu.

Ia menjelaskan, kotak hitam yang umumnya terdiri atas perekam data penerbangan (Flight Data Recorder/FDR) dan perekam suara kokpit (Cockpit Voice Recorder/CVR) merekam pembicaraan antara pilot dan pemandu lalu lintas udara. Alat itu juga menyimpan data tekanan udara dan kondisi cuaca selama penerbangan.

Data dari perangkat dalam kotak hitam tersebut, menurut Chappy, selanjutnya harus dibaca dan dianalisis secara mendalam oleh orang-orang yang kompeten.

"Perlu kapten senior berpengalaman, teknisi jagoan dan ahli dari disiplin ilmu terkait penerbangan untuk menganalisis sebelum membuat kesimpulan tentang penyebab paling mungkin dari kecelakaan itu'.



sumber:http://www.antaranews.com/berita/310871/kotak-hitam-jadi-petunjuk-kunci-penyebab-jatuhnya-sukhoi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar