Most Read

peluang usaha

Minggu, 03 Juni 2012

CARA MEMBUAT ALAT PENDETEKSI EMAS

 MAAF YA GAN KALAU POOSTINGNYA KURANG BAGUS..........

Rangkaian Pendeteksi Emas. Emas termasuk logam mulia yang harganya cukup mahal dan bersaing. Perempuan paling senang dan hobi memakai benda-benda yang terbuat dari emas. Mereka suka memakai anting-anting, kalung atau gelang. Bagi mereka tanpa memakai perhiasan dari emas kayaknya kurang klik deh. Termasuk Sobat BE yang berjenis kelamin perempuan pasti suka kan memakai perhiasan emas ini?
Oya, bicara soal perhiasan emas, beberapa waktu yang lalu saya kedatangan keponakan perempuan, dia kelas dua SMP. Dia cerita kalo dia kehilangan anting emasnya sewaktu senam di lapangan sekolah. Dia bilang,”Om bantuin Meta dong nyariin anting. Ketauan Mamah tar dimarahin deh.” Waduh nyariin anting di lapangan berumput, cukup sulit kalo cuma ngandelin mata. Kalo gak ditolongin kasihan juga itu anak. Mana asyik pakai anting cuma sebelah. Biar gak ketahuan Mamahnya, Meta terus-terusan memakai jilbab kalo di rumah, biasanya kan cuma pakai jilbab pas di sekolah saja. Untuk menolong sang keponakan, saya mencoba membuat Rangkaian Pendeteksi Emas, gambarnya bisa Sobat BE lihat di bawah ini.

Rangkaian Pendeteksi Emas ini sangat sederhana yang akan mendeteksi emas atau logam atau koin pada jarak sekitar 20 sm, tergantung pada ukuran objek.
Rangkaian berosilasi di sekitar 140 kHz dan frekuensi harmonik ini dideteksi oleh radio AM. Cukup menyetel radio sampai pekikan yang terdeteksi. Ketika kumparan pencarian ditempatkan dekat benda logam, frekuensi sirkuit akan berubah dan ini akan terdengar dari speaker. Setelah cukup lama mengelilingi lapangan, akhirnya anting-anting emas itu pun berhasil ditemukan.


SUMBER: http://belajarelektronika.info/membuat-alat-pendeteksi-emas.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar