Most Read

peluang usaha

Minggu, 03 Juni 2012

CARA MEMBUAT BEL PINTU 2 IN 1

BERIKUT INI ADALAH RANGKAIAN BEL PINTU RUMAH 2 IN 1.......

Rangkaian Bel Pintu 2 in 1. Bel pintu digunakan untuk menghasilkan suara dering peringatan sehingga penghuni/pemilik rumah datang untuk mengetahui bahwa ada pengunjung atau tamu di depan pintu. Sekarang banyak rumah memiliki dua pintu untuk masuk, yakni pintu depan dan pintu samping.  Jadi pada waktu itu membingungkan bagi pemilik rumah untuk mencari tahu pintu mana yang didatangi pengunjung/tamu. Rangkaian ini menghasilkan dua suara yang berbeda yang dapat digunakan secara bersamaan pada kedua pintu.
Rangkaian ini terdiri dari CMOS LSI berupa IC UM3561 yang mengkonsumsi daya lebih sedikit. Hal ini biasanya digunakan dalam mainan dan arloji alarm karena berbiaya murah. Sebuah modul suara kompak dapat dibangun dengan menggunakan IC ini. Ini termasuk osilator dan rangkaian pemilih dan hanya beberapa komponen yang diperlukan untuk ditambahkan secara eksternal. Hal ini juga berisi ROM terprogram untuk menghasilkan suara sirene.
Untuk lebih jelasnya, silakan Sobat BE lihat dan pelajari gambar sekama Rangkaian Bel Pintu 2 in 1 di bawah ini.

Ketika saklar S1 atau S2 ditekan, PIN1 atau pin5 dari IC1 menerima sinyal tinggi yang digunakan untuk menggerakkan transistor yang terhubung ke pin3 dari IC1. Oleh karena itu speaker mendapat pasokan dan IC1 menghasilkan suara sirene sehingga menunjukkan adanya pintu yang didatangi tamu. Transistor digunakan untuk proses amplifikasi sebagai output dari pin3 yang sangat rendah.
Banyak suara lain yang berbeda dapat diproduksi dengan mengacu datasheet dari UM3561 yang digunakan dalam Rangkaian Bel Pintu 2 in 1 ini. Demikian pula banyak IC lainnya untuk menghasilkan suara yang berbeda yaitu UM3481, UM3484, dan UM34811.


SELAMAT MENCOBA YA SOOOOBT SEMOGA BERHASIL.....

SUMBER:http://belajarelektronika.info/bel-pintu-2-in-1.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar